Doa Agar Otak Cerdas dan Pintar, Baca Sebelum Belajar di Mulai

Idnra.my.id - Muslim yang baik adalah muslim yang dapat mengamalkan ilmu yang ia dapatkan kepada orang lain. Untuk melakukannya, maka seseorang memerlukan otak yang cerdas sehingga dapat menyerap ilmu yang ia pelajari. Di bawah ini adalah doa agar otak cerdas dan kuat hafalan.

Doa Agar Otak Cerdas dan Pintar, Baca Sebelum Belajar di Mulai


Mengutip buku Optimalisasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini dengan Permainan Tradisional oleh Masganti, muslim yang cerdas menurut Rasulullah SAW adalah mereka yang memahami bahwa hidup hanyalah sementara. Seseorang yang cerdas tidak akan menghabiskan seluruh usaha dan amalnya bukan hanya untuk dunia melainkan untuk akhirat juga.

Rasulullah SAW bersabda:

"Orang cerdas adalah seorang yang mengoreksi dirinya dan berbuat untuk kehidupan setelah kematian." (HR. Tirmidzi)

Selain itu dikatakan bahwa seseorang yang cerdas harus bisa menyampaikan ajaran Islam kepada lainnya. Rasulullah SAW bersabda:

"Sampaikanlah dariku walau satu ayat." (HR. Bukhari)

Untuk dapat menyampaikan ajaran Islam tersebut, seseorang memerlukan otak yang cerdas agar dapat memahami informasi dan menyampaikannya dengan benar. Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa yang berbicara tentang Kitabullah berdasarkan pendapatnya sendiri (tanpa ilmu) walaupun benar dia tetap bersalah." (HR. Abu Dawud No. 3652)

Doa agar Otak Cerdas dan Kuat Hafalan

Mengutip buku Doa-doa Terbaik Sepanjang Masa oleh Ahmad Zacky El Syafa, berikut adalah doa agar otak cerdas:

اللَّهُمَّ أَلْهِمْني رُشْدِي ، وَأَعِذْنِي مِنْ شَرِّ نَفْسِي

Bacaan latin: Allaahummalhimnii rusydii wa a'idznii min syarri nafsii

Artinya: "Ya Allah, berilah ilham kepadaku, kecerdasan dan lindungilah aku dari kejelekan diriku." (HR. Tirmidzi)

Adapun doa yang dapat dibaca sebelum belajar agar ilmu yang didapat melekat dalam ingatan adalah sebagai berikut:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan latin: Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikan lah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

Bacaan latin: Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi'a warzuqni fahma

Artinya: "Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik."

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Bacaan latin: Allahummanfa'ni bima 'allamtani wa 'allimni ma yanfa'uni wa zidni 'ilman walhamdulillahi 'ala kulli halin.

Artinya: "Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu."

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan latin: Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah 'alainaa bima'rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin

Artinya: "Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karuniaMu bagi kami, wahai Dzat yang Maha Pengasih,"

10 Doa Agar Pintar dalam Semua Pelajaran, Yuk Ajarkan Si Kecil!

Setiap orang tua pasti mendambakan anak yang cerdas. Untuk itu, Moms dan Dads bisa meminta pada Allah dengan membacakan doa agar pintar dalam semua pelajaran. Sebagai makhluk yang tidak berdaya di hadapan penciptanya, memanjatkan doa agar diberi kecerdasan oleh Allah SWT amat dibutuhkan.

Sebab, Allah adalah tempat bergantung dan tidak akan ada orang yang berpikir dengan baik tanpa diberi kecerdasan oleh Allah SWT. Seseorang, termasuk anak-anak yang sedang mengemban pendidikan, menjadi anak yang aktif dan cerdas pastinya akan lebih mudah dalam menangani kewajiban serta tugas yang dimiliki.

Dengan kecerdasan intelektual, moral, spiritual serta kecerdasan emosional yang baik, maka seseorang akan selamat baik dalam urusan dunia dan juga akhiratnya. Penasaran akan bacaan doa agar pintar dalam semua pelajaran untuk anak? Simak bacaannya di bawah ini, ya Moms.

Berikut ini, beberapa pilihan doa-doa agar pintar dalam semua pelajaran dan agar Si Kecil senantiasa dilindungin dalam kebaikan yang bisa Moms dan Dads bacakan.


1. Doa Agar Pintar dalam Semua Pelajaran serta Diberi Petunjuk


Doa ini dicontohkan oleh Habib Ahmad bin Hasan Al-Attas


رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ بِمَا شَرَحْتَ بِهِ صُدُوْرَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَيَسِّرْ لِيْ اَمْرِيْ بِمَا يَسَّرْتَ بِهِ اُمُوْرَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَاهْدِ قَلْبِيْ بِمَا هَدَيْتَ بِهِ قُلُوْبَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَسَدِّدْ لِسَانِيْ بِمَا سَدَّدْتَ بِهِ اَلْسِنَةَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ بِحَقِّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم

"Robbisyrohlii shodrii bimaa syarohta bihii shuduurosh shoolihiina min ‘ibaadika wa yassirlii amrii bimaa yassarta bihii umuurosh shoolihiina min ‘ibaadika wahdi qolbii bimaa hadaita bihii quluubash shoolihiina min ‘ibaadika wa saddid lisaanii bimaa saddadta bihii alsinatash shoolihiina min ‘ibaadika bihaqqi sayyidinaa muhammadin shollallaahu ‘alaihi wa sallam."

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah melapangkan dada orang-orang saleh dari kalangan hamba-hamba-Mu, mudahkanlah urusanku dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah memudahkan urusan orang-orang saleh dari kalangan hamba-hamba-Mu,berilah hatiku petunjuk dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah menunjukkan hati orang-orang saleh dari kalangan hamba-hamba-Mu,

luruskanlah lisanku dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah meluruskan lisan orang-orang saleh dari kalangan hamba-hamba-Mu, melalui kemuliaan Nabi Muhammad SAW.”

2. Doa agar Pintar dalam Semua Pelajaran serta agar Anak Cerdas dan Sukses

Ini merupakan doa yang dibacakan oleh ibu untuk kecerdasan anak, agar menjadi seorang anak yang sukses di masa depan.

اَللهُمَّ اَلْهِمْنِىْ رُشْدِيْ وَقِنِىْ شَرِّ نَفْسِىْ

"Allaahumma Alhimnii Rusydii Waqinii Syarri Nafsii."

Artinya: “Ya Allah, ilhamkanlah kepadaku kecerdasan dan lindungilah aku dari kejahatan nafsuku.”

3. Doa Agar Pintar dalam Semua Pelajaran dan Diberikan Hati yang Tenang

"Allahummaj’al nafsi nafsan thoyyibatan muthmainnatan thoi'atan hafizhotan tu'minu biliqoik wa taqna'u bi 'athoik wa tardho bi qodhoik wa takhsyaka haqqo khosyyatik la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim."

Artinya: "Ya Allah jadikanlah hatiku hati yang tenang, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang puas dengan pemberian-Mu, dan rela dengan ketentuan-Mu, tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung."

4. Doa Agar Pintar dalam Semua Pelajaran dan Jadi Penghafal Alquran


اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

"Allahummaj 'al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur'ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah."

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang saleh dan salehah, orang-orang yang hafal Al-Qur'an dan Sunah, orang-orang yang paham dalam agama diberkahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat".

5. Doa Agar Pintar dalam Semua Pelajaran dan Dipenuhi Hati dengan Cahaya


اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

"Allaahummam-la' quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni'matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah."

Artinya: "Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka."

6. Doa Agar Pintar dalam Semua Pelajaran dan Mendapat Berkah


للَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

"Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa'atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh."

Artinya: "Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama'ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rezeki) yang engkau berikan kepada kami.

Dan berilah kami keberkahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat".

7. Doa Agar Pintar dalam Semua Pelajaran dan Menjadi Anak yang Saleh


رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

"Rabbi hab lī minaṣ-ṣāliḥīn."

Artinya: Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.

8. Doa Agar Pintar dalam Semua Pelajaran dan Diberi Kemudahan saat Ujian


اللَّهُمَّ لَا سَهْلَ إلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً، وأنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إذَا شِئْتَ سَهْلاً

"Allahumma laa sahla illa ma ja’altahu sahlan, wa anta taj-alul hazna iza syi’ta sahla."

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah.

Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah," (Sahih Ibn Hibban).

9. Doa Agar Rajin Belajar dan Pintar


رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

"Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin."

Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikan lah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

10. Doa Agar Pintar dalam Semua Pelajaran dalam Bahasa Indonesia

Tak hanya menggunakan bahasa Arab, Moms juga bisa mengajak Si Kecil membaca doa agar pintar dalam semua pelajaran menggunakan bahasa Indonesia, seperti:

"Bismillahirrahmanirrahim, Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana, Kami datang kepada-Mu dengan kerendahan hati dan penuh harap,

Mohon berikan kami pengetahuan dan pemahaman yang luas dalam setiap pelajaran yang kami pelajari. Bimbinglah kami agar dapat menjalani studi kami dengan tekun dan dedikasi.

Permudahlah kami dalam memahami setiap konsep dan fakta yang diajarkan. Jadikanlah kami hamba yang berguna bagi agama, keluarga, dan masyarakat.

Kami berserah sepenuhnya kepada-Mu, Ya Allah, sebagai Sumber segala pengetahuan. Terima kasih atas segala berkah-Mu. Amin."
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url