Doa Melihat Bulan Purnama Supermoon, Bisa Dibaca Malam Ini

Idnra.My.Id - oa ketika melihat bulan purnama dapat dibaca ketika menyaksikan langit cerah berhiaskan supermoon. Fenomena alam supermoon terakhir di tahun 2023 ini akan terjadi pada Jumat (29/9/2023).

Bulan purnama cerah sempurna ini dikenal dengan nama Harvest Moon. Masyarakat bisa menyaksikan fenomena alam ini dengan jelas, bahkan meskipun tanpa menggunakan alat bantu seperti teropong.

Sebagai umat muslim, sudah sepatutnya untuk bersyukur dan memuji kebesaran Allah SWT saat melihat ciptaan-Nya, termasuk ketika menyaksikan bulan purnama dan langit cerah. Bentuk syukur bisa diungkapkan dengan cara berdoa. 

Doa Melihat Bulan Purnama Supermoon, Bisa Dibaca Malam Ini


Alam semesta, termasuk Bumi, matahari dan bulan adalah ciptaan Allah SWT. Dalam Al-Qur'an surat Yunus ayat 5, Allah SWT berfirman,

هُوَ ٱلَّذِى جَعَلَ ٱلشَّمْسَ ضِيَآءً وَٱلْقَمَرَ نُورًا وَقَدَّرَهُۥ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوا۟ عَدَدَ ٱلسِّنِينَ وَٱلْحِسَابَ ۚ مَا خَلَقَ ٱللَّهُ ذَٰلِكَ إِلَّا بِٱلْحَقِّ ۚ يُفَصِّلُ ٱلْءَايَٰتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

Artinya: Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui


Doa Melihat Bulan Purnama

Berikut beberapa doa yang bisa dibaca ketika melihat langit cerah dan bulan purnama.

Doa melihat bulan purnama supermoon : Imam an-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar menerangkan bahwasannya Rasulullah SAW dalam hadits yang dinukil dari kitab Shahih Bukhari Muslim menganjurkan kepada umatnya untuk membaca doa ketika melihat langit cerah.


اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيْمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ. هِلَالُ خَيْرٍ وَرُشْدٍ

Latin: Allâhumma ahillahu 'alainâ bil amni wal îmâni was salâmati wal islâmi. Hilâlu khairin wa rusydin.

Artinya: "Wahai Tuhanku, terangkanlah ini bulan di atas kami dengan sentosa, iman, selamat, dan islam. Ini bulan menerangkan kebaikan dan petunjuk."

Dzikir melihat bulan purnama supermoon

Umat Islam dianjurkan juga untuk membaca tasbih, tahmid, dan takbir sebagai berikut:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله، وَاللهُ أَكْبَرُ

Latin: Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar.

Artinya: Mahasuci bagi Allah dan segala puji hanya bagi Allah. Tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar. Dengan membaca doa tersebut diyakini mampu membawa keberkahan.

Dalam surat Ali Imran termaktub perintah Allah SWT kepada umat manusia untuk senantiasa mengingatnya dan memikirkan penciptaan langit dan bumi. Allah SWT berfirman dalam surat Ali Imran ayat 190-191:

إِنَّ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱخْتِلَٰفِ ٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ لَءَايَٰتٍ لِّأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ . ٱلَّذِينَ يَذْكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَٰمًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَٰطِلًا سُبْحَٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Artinya: "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka." (QS Ali Imran: 190-191).

Doa ini dapat dipanjatkan sebagai bentuk pujian dan syukur karena diberi nikmat untuk menyaksikan fenomena alam yang menjadi bukti kebesaran Allah SWT. Hendaknya hal ini menjadi pengingat agar senantiasa menjaga keimanan serta ketaqwaan.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url