Tatacara Doa Supaya Agar Cepat Di Kabulkan dan di Ijabah

Idnra.my.idSetiap orang tentu ingin agar segala keinginannya dikabulkan oleh Allah Swt. Selain bekerja keras, jangan lupa untuk selalu memanjatkan doa kepada Allah Swt. agar keinginan kita terkabul. Doa merupakan permohonan, pengharapan seorang hamba pada Tuhannya. Manusia tidak bisa memaksakan agar semua keinginannya dikabulkan. Sebab, Tuhan Paling Maha Tahu, keinginan mana yang paling dibutuhkan oleh setiap hamba-Nya.

Meski begitu, sebagai umat muslim harus terus memanjatkan doa kepada Allah Swt. Kemudian dalam memohon kepada Allah juga harus sungguh-sungguh. Pasalnya, Allah Swt. berjanji akan mengabulkan permintaan hambanya yang memohon dengan sungguh-sungguh. Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa sesungguhnya ada doa yang bisa dilafalkan agar keinginannya segera dikabulkan oleh Allah Swt.



Cara Berdoa agar Keinginan Terkabul

Menurut Imam Nawawi dan Syekh M Ibrahim Al-Baijuri, tata cara berdoa agar segera dikabulkan oleh Allah adalah sebagai berikut:

  1. Menjalankan salat wajib tepat waktu.
  2. Istikamah dalam bersedekah.
  3. Berbakti kepada kedua orang tua.
  4. Mempermudah urusan orang lain.
  5. Senantiasa menjaga hati supaya tidak lalai saat berdoa.
  6. Berwudu dan salat terlebih dahulu sebelum berdoa.
  7. Berdoa dengan menghadap kiblat, mengangkat tangan saat berdoa dan mengusap wajah sesudahnya.
  8. Sebelum berdoa semestinya bertobat dan mengakui dosa terlebih dahulu.
  9. Mengawali doa dengan tahmid dan selawat nabi.
  10. Memuji Allah Swt.
  11. Menghindari makan makanan yang didapat secara haram.
  12. Memantabkan hati dan meyakinkan diri bahwa doanya akan diijabah oleh Allah.
  13. Meminta hal-hal yang tidak keluar dari syariat.
  14. Tidak meminta sesuatu yang bisa memutuskan tali silaturahmi.
  15. Meminta hal-hal yang tidak merugikan orang lain.
  16. Meminta hal-hal yang sekiranya bisa diterima oleh akal.
  17. Berdoa di saat waktu utama seperti ketika sujud dan waktu jeda antara azan dan ikamah.
  18. Ikhlas dalam berdoa.
  19. Mengulang-ulang doa, tetapi tidak terlalu menuntut ketika berdoa.
  20. Mengakhiri doa dengan selawat nabi.
  21. Membaca selawat nabi di tengah-tengah doa.
  22. Tidak berlebihan dalam penggunaan kata saat berdoa.
  23. Berdoa dengan penuh ketundukkan dan kekhusyukan.
  24. Memperbanyak istigfar dan bertobat kepada Allah Swt

Doa agar Keinginan Terkabul

Mengerjakan salat hajat merupakan satu di antara upaya dalam rangka berdoa. Kemudian, lengkapi salat hajat dengan bacaan doa agar keinginan terkabul berikut ini:

Allahumma innaka ta'lamu sirri wa 'ala niyyati, faqbal ma'dzirati. Wa ta'lam ma fi nafsi faghfir li dzunubi. Wa ta'lam hajati fa a'thini suali. Allahumma inni as-aluka imanan yubasyir qalbi, wa yaqinan shodiqon hatta a'lama annahu la yushibuni illa ma katabtu li, war ridho bima qodhoita 'alayya.

Artinya:

" Ya Allah, Engkau mengetahui rahasia dan tindak-tandukku, terimalah permohonan maafku. Engkau mengetahui detak hatiku, ampunilah dosaku. Engkau mengetahui kebutuhanku, kabulkanlah permohonanku. Ya Allah, aku memohon pada-Mu diberikan keimanan yang meresap dalam hati, keyakinan yang teguh sehingga aku yakin bahwa tidak ada apa pun yang akan menimpaku kecuali karena takdir yang telah Engkau catat, dan aku rida terhadap ketentuan yang Engkau tetapkan untukku."

Allahumma ilaika qoshodtu wa bibabika waqoftu wa bijanibika iltaja'tu wa iyyaka saaltu wa bimuhammadin shallallahu 'alaihi wa sallama wa alihi wa shohbihi tawassaltu wa bi ambiyaika wa rusulika wa awliyaika tasyaffa'tu faqdli allahumma hajati wa naffis kurbati wa ma nazala bi min khirati.

Artinya:

"Ya Allah, kepada-Mu aku menuju, dan di pintu-Mu aku berdiri, dan di sisi-Mu aku berlindung, dan kepada-Mu aku memohon, dengan Nabi Muhammad saw., keluarga dan para sahabatnya aku bertawassul, dengan para nabi-Mu, para utusan-Mu dan para wali-Mu aku minta syafaat. Ya Allah, kabulkanlah hajatku, bebaskanlah penderitaanku dan kebingungan yang menimpaku."

Doa agar Keinginan Terkabul

"Allahumma inni as’aluka bi anni asyhadu annaka antallahu, laa ilaha illa antal ahadus shamad, alladzi lam yalid wa lam yulad, wa lam yakullahu kufuwan ahad."

Artinya:

"Tuhanku, aku memohon (pertolongan) kepada-Mu. Aku bersaksi bahwa Engkau adalah Allah. Tiada tuhan selain Engkau Yang Maha Esa, tempat bergantung yang tiada melahirkan dan tiada dilahirkan, serta tiada apa pun yang menyamai-Nya."

Selain membaca doa di atas, kamu juga dapat memperbanyak bacaan surah Al-Fatihah dan Al-Ikhlas. Amalan ini dipercaya bisa mempercepat terkabulnya doa-doa yang dipanjatkan. Adapun yang penting kita yakin bahwa Allah akan mengabulkan doa-doa kita. Rasullah saw. bersabda:

"Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diseru dengannya, (pasti akan) mengabulkannya." (HR. Abu Daud)

 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url