Doa Memohon Agar Hati Lembut dan Membolak Balikan Hati Seseorang

Idnra.My.Id - Membaca doa Nabi Daud dapat membuat hati seseorang menjadi luluh akan sesuatu. Ketika kita berurusan dengan seseorang yang berwatak keras, kita bisa menggunakan doa Nabi Daud untuk melunakkan hatinya.

Doa Nabi Daud dapat kita baca dengan niat untuk memohon kepada Allah Swt. yang maha membolak-balikkan hati manusia. Hati manusia yang sekeras batu dengan mudah dapat kita luluhkan dengan memohon bantuan Allah Swt. dan membaca doa Nabi Daud.

Doa Nabi Daud yang akan kita bahas terdiri dari doa ketika Nabi Daud melunakkan besi, doa Nabi Daud untuk meluluhkan hati seseorang, dan doa Nabi Daud untuk membolak-balikkan hati seseorang.

Doa Memohon Agar Hati Lembut dan Membolak Balikan Hati Seseorang


Mukjizat Nabi Daud Melunakkan Besi

Doa Nabi Daud yang akan kita bahas pertama adalah sebuah doa yang dibacakan oleh Nabi Daud a.s. untuk mendapatkan mukjizatnya dalam melunakkan besi. Mukjizat tentang doa Nabi Daud ini telah disebutkan dalam Al-Qur'an surat As-Saba ayat 10. Berikut ini adalah bacaan doa Nabi Daud yang kala itu digunakan untuk melunakkan besi:

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ مِنَّا فَضْلًاۗ يٰجِبَالُ اَوِّبِيْ مَعَهٗ وَالطَّيْرَ ۚوَاَلَنَّا لَهُ الْحَدِيْدَۙ

Arab-Latin: Walaqod aataynaa dauuda minnaa fadhlaa, yaajibaalu awwabii ma a'hu wattoyiro, waalannaa lahulhadiid

Doa Nabi Daud yang akan kita bahas terdiri dari doa ketika Nabi Daud melunakkan besi, doa Nabi Daud untuk meluluhkan hati seseorang, dan doa Nabi Daud untuk membolak-balikkan hati seseorang.


Doa Nabi Daud Meluluhkan Hati Seseorang

Doa Nabi Daud selanjutnya ini dapat kita baca untuk meluluhkan hati seseorang. Beberapa orang memang memiliki hati yang keras dan cenderung sulit untuk diluluhkan dan kita dapat melunakkan hatinya dengan membaca doa Nabi Daud.

Bacaan doa Nabi Daud untuk meluluhkan hati seseorang adalah: "Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin."


Berikut ini adalah tulisan Arab dan arti dari doa Nabi Daud yang bisa meluluhkan hati seseorang:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Arab-Latin: Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadikka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin.

Artinya : "Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sementara aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan kecuali karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir'aun pada Musa a.s. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud a.s. karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubun-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang."

Doa Nabi Daud Membolak-Balikkan Hati Seseorang

Untuk memohon bantuan Allah Swt. yang maha membolak-balikkan hati manusia, kita juga bisa membaca doa Nabi Daud. Membaca doa Nabi Daud yang satu ini dapat mempermudah jalan kita ketika ingin membuat seseorang luluh dengan permohonan kita.

Bacaan doa Nabi Daud untuk membolak-balikkan hati seseorang adalah: "Allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li Daudal hadid"

Berikut ini adalah tulisan Arab, bacaan Latin, dan arti dari doa Nabi Daud di atas:

اَللَّهُمَّ لَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ لَيِّنْتَ لِدَاوُدَالْحَدِيْد

Arab-Latin: Allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li Daudal hadid

Artinya: "Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Engkau melembutkan Daud (akan) besi."

Doa Nabi Daud dapat kita baca ketika ingin menghadapi seseorang yang hatinya cenderung sulit untuk dibuat luluh. Misalnya, kita bisa membaca doa Nabi Daud sebelum bertemu pimpinan atau ketika ingin menyampaikan sesuatu yang membutuhkan persetujuannya.

Membaca doa Nabi Daud juga bisa kita lakukan sebelum meminta persetujuan orang tua akan sesuatu yang kita ingin lakukan. Selain itu, doa Nabi Daud juga dapat kita baca sebelum menyatakan perasaan kita kepada orang yang kita cintai.

Dengan membaca doa Nabi Daud, insyaallah kita bisa mendapatkan pertolongan Allah Swt. untuk membolak-balikkan hati manusia. Demikian tulisan berisikan doa Nabi Daud yang bisa kita baca untuk meluluhkan dan membolak-balikkan hati manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sebagai seorang muslim, kita dilarang untuk memiliki karakter yang pemarah. Kita dituntut untuk menjadi diri yang lembut, bijaksana, dan penuh dengan sifat harmonis kepada siapapun.
Allah SWT berfirman dalam QS. Ali Imran ayat 133-134 sebagai berikut:

وَسَارِعُوٓا۟ إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا ٱلسَّمَٰوَٰتُ وَٱلْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ (133) ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلْكَٰظِمِينَ ٱلْغَيْظَ وَٱلْعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ (134)

Wa sāri'ū ilā magfiratim mir rabbikum wa jannatin 'arḍuhas-samāwātu wal-arḍu u'iddat lil-muttaqīn. Allażīna yunfiqụna fis-sarrā`i waḍ-ḍarrā`i wal-kāẓimīnal-gaiẓa wal-'āfīna 'anin-nās, wallāhu yuḥibbul-muḥsinīn

Artinya: "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan."

Rasulullah dalam salah satu hadits juga mengisyaratkan agar manusia jangan mudah marah.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم، قال: "لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرُعة، وَلَكِنَّ الشَّدِيدَ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ".

Artinya: "Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Orang yang kuat itu bukanlah karena jago gulat, tetapi orang kuat ialah orang yang dapat menahan dirinya di kala sedang marah." (HR Bukhari dan Muslim).

Agar Anda tidak mudah marah, segeralah berwudhu dan mengamalkan sebuah doa untuk kelembutan hati. Doa yang dimaksud adalah sebagai berikut;

اللَّهُمَّ يَا لَطِيْفُ يَا لَطِيْفُ يَا لَطِيْفُ يَا مَنْ وَسِعَ لُطْفُهُ اَهْلَ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرَضِيْنَ اَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ اَنْ تَلْطَفَ بِنَا مِنْ خَفِيِّ خَفِيِّ خَفِيِّ لُطْفِكَ اْلخَفِيِّ اْلخَفِيِّ اْلخَفِيِّ الَّذِيْ اِذَا لَطَفْتَ بِهِ عَلَى اَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ كُفِيَ فَأِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ اْلحَقُّ اللهُ لَطِيْفٌ بِعِبَادِهِ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ اْلقَوِيُّ اْلعَزِيْزُ

Allohumma yaa lathiifu yaa lathiifu yaa lathiifu yaa man wasi’a luthfuhuu ahlas samaawaati wal arodhiina. As-aluka allohumma an talthofa binaa min khofiyyi khofiyyi khofiyyi luthfikal khofiiyyi al-khofiyyi al-khofiyyi, alladzii idzaa lathofta bihii ‘alaa ahadin min kholqika kufiya, fa innaka qulta wa qoulukal haqqu. Allaahu lathiifun bi ‘ibaadihii yarzuqu mayyasyaa-u wa huwal qowiiyul ‘aziiz.

Artinya: "Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha Lembut, wahai Dzat Yang Maha Lembut, wahai Dzat Yang Maha Lembut, wahai Dzat Yang kelembutan-Nya meluasi pada seluruh langit dan seluruh bumi. Aku memohon kepada-Mu, wahai Allah, agar Engkau bersifat lembut pada kami melalui kerahasiaan kelembutan-Mu yang rahasia, yang mana jika Engkau bersikap lembut dengannya pada salah satu makhluk-Mu, maka ia pasti tercukupi. Sesungguhnya Engkau berkata dan perkataan-Mu sangat benar; Allah sangat lembut pada hamba-hamba-Nya, Dia memberi rizeki pada orang-orang yang Dia kehendaki. Dia Maha Kuat dan Maha Mulia."

Doa Melunakkan Hati dan Amalan Menurut Rasulullah, Efektif

Berhadapan dengan orang yang memiliki sifat keras memang tidak mudah. Orang yang memiliki sifat ini biasanya akan teguh dengan pendiriannya, sekali pun itu salah. Orang dengan sifat seperti ini juga tidak mudah untuk diberi tahu dan diajak berkomunikasi dengan baik.

Terlebih jika terdapat suatu masalah, maka sering kali Anda kesulitan untuk menyelesaikan masalah tersebut karena menghadapi orang yang berhati keras. Dalam hal ini, agama Islam telah mengajarkan bagaimana cara menghadapi orang dengan hati yang keras dan teguh pendirian.

Selain bersabar, umat muslim bisa melafalkan doa melunakkan hati, memohon pertolongan kepada Allah agar seseorang yang sedang dihadapi terbuka dan terketuk hatinya. Doa ini dapat diamalkan sehari-hari, baik dalam sholat maupun di waktu senggang.

Di samping itu, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk melunakkan hati seseorang. Beberapa amalan ini adalah anjuran Rasulullah yang selalu dilakukan ketika menghadapi orang yang berhati keras, egois, dan gengsi. Meskipun sederhana, namun amalan ini dapat membantu Anda mendapatkan pertolongan Allah di setiap urusan dan masalah yang sedang dihadapi.

Selain dapat melunakkan hati, beberapa amalan ini juga membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik dan penuh kesabaran. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut doa melunakkan hati beserta artinya dan cara melunakkan hati menurut Rasulullah bisa dipraktikkan.

Doa Melunakkan Hati

Seperti disebutkan sebelumnya, terdapat bacaan doa melunakkan hati yang bisa diamalkan ketika Anda menghadapi orang dengan hati keras, sifat egois, dan gengsi. Dengan membaca doa ini, Anda memohon pertolongan kepada Allah untuk dapat menghadapi setiap urusan dengan mudah, termasuk ketika menghadapi orang yang keras.
Bacaan doa ini dapat dilafalkan setelah selesai mengerjakan sholat sebagai amalan wirid, atau dapat dibaca di waktu senggang. Berikut bacaan doa melunakkan hati dan artinya yang bisa Anda praktikkan:

"Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii ... (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin"

Artinya:

“Ya Allah bahwasanya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Besar. Dan sesungguhnya aku ini adalah hamba-Mu yang hina lagi lemah. Ya Allah mudahkanlah bagiku urusanku, sebagaimana Engkau mudahkan bagi urusan Fir'aun kepada Musa dan lunak hati manusia bagiku sebagaimana Engkau lunakkan besi bagi Nabi Daud. Engkaulah adalah sebaik-baik pemimpin dan sebaik-baik penolong, wahai Tuhan Yang Maha Hidup, Wahai Tuhan Yang Maha Penguasa, Wahai Tuhan Yang Punya Keagungan dan Kemuliaan, perkenanlah ya Allah.”

Amalan Doa Lain

Selain doa melunakkan hati di atas, terdapat amalan doa lain yang bisa Anda praktikkan untuk melunakkan hati seseorang. Doa ini tidak lain adalah penggalan Surat Taha ayat 1 sampai 5. Doa ini dapat dibaca atau diamalkan sehari-hari.

Disarankan, setelah membaca lafal kelima ayat ini, dilanjutkan dengan membaca permohonan agar Allah dapat melembutkan hati seseorang. Berikut bacaan doa yang bisa Anda praktikkan:

Tā hā. Mā anzalnā 'alaikal-qur'āna litasyqā. Illā tażkiratal limay yakhsyā. Tanzīlam mim man khalaqal-arḍa was-samāwātil-'ulā. Ar-raḥmānu 'alal-'arsyistawā.

Artinya: Thaahaa. Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah, tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah), yaitu diturunkan dari Allah yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi. (Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah. Yang bersemayam di atas 'Arsy.

Setelah itu, dilanjutkan untuk membaca kalimat doa melunakkan hati sebagai berikut:

“Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Engkau melembutkan bagi Daud akan besi.”

Amalan Melunakkan Hati Menurut Rasulullah

Setelah mengetahui beberapa doa melunakkan hati, terakhir akan dijelaskan beberapa amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah saat menghadapi orang dengan hati yang keras.

Perlu dipahami, bahwa hati yang keras erat kaitannya dengan beberapa penyakit hati seperti perasaan egois, gengsi, atau perasaan paling istimewa dibandingkan yang lain. Beberapa perasaan ini menjadi pokok penyebab mengapa seseorang mempunyai hati yang keras dan membantu.

Untuk doa melunakkan hati yang keras, Rasulullah menganjurkan untuk memberi makan kepada orang miskin dan mengusap kepala anak yatim. Anjuran ini disebutkan dalam Hadist Riwayat Al-Hakim, saat seorang laki-laki mengadu kepada Rasulullah tentang hatinya yang keras.

Dengan berempati kepada orang yang lemah, bisa melatih diri untuk melihat kesederhanaan dan ketulusan. Bukan hanya itu, rasa empati ini juga dapat meningkatkan ridho dan syukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan saat ini.

Selain dapat diterapkan pada diri sendiri, cara ini juga memberikan energi positif pada orang-orang di sekitar. Cara pandang orang terhadap Anda pun akan berbeda, ketika Anda mampu berbuat baik dan berusaha untuk menularkan kebaikan pada orang lain. Selain itu, perbuatan baik yang dilakukan pun akan mendatangkan hal-hal baik lainnya, termasuk pertolongan yang datang dari Allah saat Anda mengalami kesulitan.

Doa Melembutkan Hati Anak agar Tumbuh Tidak Keras Kepala

Tidak sedikit anak yang memiliki sikap keras kepala. Apakah buah hati Moms salah satunya? Jika ya, yuk coba amalkan doa melembutkan hati anak, Moms! Memiliki anak yang keras kepala dan sulit diatur kerap menguji kesabaran orang tua.

Nah, agar sikap anak tidak semakin sulit diatur, pastikan untuk menghindari kekerasan, ya! Akan lebih baik jika Moms dan Dads mendoakan anak agar Si Kecil menjadi sosok yang berhati lembut dan patuh terhadap orang tua.

Jadi, selain berusaha, Moms dan Dads juga perlu berdoa kepada Allah SWT agar anak menuruti perkataan ibu dan ayahnya. Kekuatan doa sangatlah luar biasa, maka janganlah diremehkan. Melalui doa, Allah SWT bisa menurunkan rahmat bagi hamba-Nya. Sebagaimana firman Allah SWT berikut:

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan).

Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik,” (QS. Al-A’raf : 55-56).Lantas, apa saja doa melembutkan hati anak yang bisa dipanjatkan kepada Allah SWT agar Si Kecil tidak nakal sehingga mudah untuk diatur?

Berikut doa-doa untuk membuat hati anak lembut dan sosok yang cerdas:

1. Doa Agar Anak Memiliki Hati yang LembutIni dia bacaan doa melembutkan hati anak yang dapat Moms dan Dads amalkan setiap hari:

"Allahulathiifum bi’ibaadihii, yarzuqumayyasak’ wahuwal qawiyyul ‘aziiz."

Artinya: "Allah Maha Lembut tadbir-Nya (serta melimpah-limpah kebaikan dan belas kasihanNya) terhadap hamba-hambaNya;

Ia memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya (menurut peraturan yang telah ditetapkan), dan Dialah Yang Maha Kuat, lagi Maha Kuasa," (Surah As-Syuraa, Ayat: 19).2. Doa untuk Anak yang Keras KepalaJika Si Kecil termasuk anak yang keras kepala, Moms dan Dads bisa membacakannya doa melembutkan hati anak berikut:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

"Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘alaa diinik"

Artinya: "Wahai Zat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu dan ketaatan kepada-Mu.

Selain mengamalkannya, Moms dan Dads juga dianjurkan untuk mengajarkan doa melembutkan hati anak ini kepada Si Kecil agar mereka turut memanjatkannya.

3. Doa untuk Anak yang Susah Diatur

Doa melembutkan hati anak yang berikutnya adalah dengan membaca surat Al-Fajr.

Bacalah doa melembutkan hati anak ini sebanyak 7 kali sambil mengusapkan ke ubun-ubun kepala Si Kecil ketika mereka tertidur. Moms dan Dads harus melakukannya secara rutin (istikamah) sehingga ikhtiar yang dilakukan mendapatkan hasil yang baik, Selain itu, tujuannya juga adalah agar anak nurut perkataan ibunya, atau ayahnya, dan tidak nakal.

4. Doa Agar Anak Saleh dan Salihah

Dalam doa melembutkan hati anak, Moms beserta Dads juga sebaiknya meminta kepada Allah SWT agar mereka dijadikan anak yang saleh dan salihah.

Untuk itu, yuk panjatkan doa berikut:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

"Allahummaj 'al awladana awladan sholehiin haafizhiina lil qur'ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah."

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang saleh dan salihah, orang-orang yang hafal Alquran dan sunah, orang-orang yang paham dalam agama diberkahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat."

Adapun doa melembutkan hati anak agar menjadi anak yang saleh dan salihah lainnya yang dilansir dari NU Online, yaitu:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي أَوْلَادِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَاحْفَظْهُمْ وَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami di dalam anak-anak dan keturunan kami, jagalah mereka (dari segala kejelekan), jangan Kau bahayakan mereka, dan berilah kami kebaikan mereka."

5. Doa agar Anak Cerdas dan Bermanfaat Bagi Orang Lain

Selain itu, tak kalah penting juga bagi setiap orang tua untuk mendoakan anaknya agar menjadi sosok yang cerdas dan bermanfaat bagi orang lain.

Adapun bacaan doa agar anak pintar dan bermanfaat bagi umat yang bisa diamalkan, yakni:

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allaahummam-la' quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya:

“Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

6. Doa agar Anak Memahami Agama

Jangan sampai terlewat, selain doa melembutkan hati anak, ikuti tips satu ini. Si Kecil yang memiliki ilmu agama yang baik tentunya dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Hal ini dengan dapat mengetahui hal-hal yang dibolehkan dan tidak diperbolehkan.

Cobalah doa melembutkan hati anak dengan bacaan berikut ini:

اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Artinya: Ya Allah, berikanlah kefahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil (tafsir ayat-ayat Alquran), (HR.Bukhari).

7. Doa Nabi Ibrahim

Doa Nabi Ibrahim ini menunjukkan betapa pentingnya kewajiban orang tua dalam mendoakan serta menuntun anak dalam kehidupan beragama.

Berikut doa melembutkan hati anak yang bisa jadi referensi:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

"Robbi ‘j’alni muqima’s-Salaati, Wa min zurriyati, Robbana wa taqqobal du’a"

Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku," (QS. Ibrahim: 40-41).

Demikian kumpulan doa melembutkan hati anak yang bisa Moms dan Dads panjatkan, dan tips-tips menghadapi Si Kecil yang keras hati, serta cara meluluhkannya.

Semoga buah hati Moms dan Dads bisa tumbuh menjadi anak yang berhati lapang, lemah lembut, dan penyayang kepada sesama.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url