Doa Doa Memohon Pemimpin Yang Sayang Rakyat, Adil dan Bermanfaat dan Tak Pandang Bulu

Idnra.My.Id - Memilih pemimpin untuk mensejahterakan rakyat dan negaranya dengan setulus hati adalah tugas yang mulia, memimpin dan adil pada rakyat menjadi tolak ukur sebagai pemimpin yang baik, menentukan pemimpin yang baik bukan hanya mendengarkan gagasan dan tujuan memimpin. menjadi pemimpin bukan hanya sekedar untuk kekuasaan saja. akan tetapi lebih dari pada itu melibatkan hati dan perasaan yang memang bekerja untuk negaranya dan warganya serta kampung dan kotannya.

Agar kita tidak bingung untuk mementukan pemimpin maka jangan pernah lewatkan beberapa debat dan siaran yang berlangsung mana pemimpin yang bener bener mempunyai gagasan yang baik dan trak record yang baik pula, Adapun doa doa yang dapat dipanjatkan kepada allah swt. agar mempunyai dan mendapatkan pemimpin yang menyayangi rakyat, suka berbuat baik, dan menegakan keadilan tanpa pandang bulu, serta menjadi pemimpin yang bermanfaat selama menjabat dan mendapat kekuasaan. Berikut doa doa memohon peminpin yang bermanfaat dan menyayangi serta tak pandang bulu.



Doa pertama mohon pemimpin 

Nabi Muhammad SAW melantunkan doa untuk para pemimpin yang menyayangi rakyat dan sebagian pemimpin lain yang menyusahkan rakyat. Doa pemimpin ini ada dalam hadis riwayat Muslim nomor 1.828.

اللَّهُمَّ، مَن وَلِيَ مِن أَمْرِ أُمَّتي شيئًا فَشَقَّ عليهم، فَاشْقُقْ عليه، وَمَن وَلِيَ مِن أَمْرِ أُمَّتي شيئًا فَرَفَقَ بهِمْ، فَارْفُقْ بهِ

Allaahumma maw waliya min amri ummatii syai an fa syaqqo 'alaihim fasyquq 'alaihi wa maw waliya min amri ummatii syai an farafaqa bihim farfuq bihi.

Doa kedua mohon pemimpin

Doa kedua diriwayatkan Tirmidzi. Doa ini meminta perlindungan Allah dari pemimpin yang tidak takut kepada Allah dan tidak menyayangi rakyat.

Ya Allah siapa saja yang mengurusi urusan dari umatku lalu ia membuat susah umatku, susahkanlah dia dan siapa saja yang mengurusi urusan dari umatku lalu ia sayang kepada umatku, sayangilah ia. 

للَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا - بِذُنُوْبِنَا - مَنْ لَا يَخَافُكَ وَلَا يَرْحَمُناَ 

Allaahumma laa tusallith 'alainaa bidzunuubinaa man la yakhaafuka walaa yarhamunaa. 

Ya Allah janganlah Engkau kuasakan (jadikan pemimpin) atas kami--karena dosa-dosa kami--orang yang tidak takut kepada-Mu dan tidak punya belas kasihan kepada kami

Doa ketiga mohon pemimpin

Doa ini memohon perlindungan dari pemimpin yang bersifat kekanak-kanakan dan bodoh. Doa pemimpin ini bersumber dari hadis riwayat Bukhari dalam Adabul Mufrad.

اَللّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ إِمَارةِ الصِّبْيَانِ وَالسُّفَهَاءِ

Allaahumma innii a'uudzubika min imaa ratish shibyaani was sufahaa i.

Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan pemimpin yang bodoh.

Doa itu juga diriwayatkan Ibnu Hibban & At-Tabrani.

تعوَّذَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وآلِه وسلَّمَ من إمارةِ السُّفَهاء

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam meminta perlindungan--kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala--dari kepemimpinan orang-orang bodoh.

Doa keempat mohon pemimpin

Doa ini memohon pemimpin yang baik dan dikelilingi orang-orang baik, bukan kelompok yang buruk.

   اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ

Allahumma ashlih wulaa ta umuurinaa, allahumma waffiq hum limaa fiihi shalaa huhum wa shalaa hul islaami walmuslimiin, Allahumma a'inhum 'alalqiyaami bimahaamihim kamaa amartahum yaa rabbal'aalamiin.

Allahumma ab'id 'anhum bithaanatas suu i wal mufsidiina wa qarrib ilayhim ahlalkhayri wannaashihiina yaa rabbal'aalamiin. Allahumma ashlih wu laata umuuril muslimiina fii kulli makaan.

Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam.Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.

Demikian empat doa yang dapat kita baca menjelang pemilu kepala daerah, anggota DPR/legistlatif, dan presiden. Semoga Allah subhanahu wata'ala memberikan para pemimpin nasional dan daerah yang menyayangi semua rakyat. (Z-2)

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url