Apa itu Usaha Digital dan Pengertian dan Jenis, manfaat, serta Kekurangan dan Kelebihannya

Idnra.My.Id - Bisnis digital atau usaha digital adalah sumber yang bisa kita manfaatkan untuk sebuah peluang menggunakan teknologi. Ditengah pesatnya teknologi, usaha digital ini salah stau hal yang menarik untuk kita fokus usaha digital, banyak e-commers yang sukses, seperti toko orange, toko hijau dan toko ungu dan toko tiktok shope tapi untuk sekarang tiktok sudah tutup.

Anak muda sekarang sudah pandai sekali membaca peluang usaha digital yang sekarang lagi marak di jalankan oleh anak muda, baik di toko orange maupun di toko yang lainnya. salah satu peluang usaha digital adalah perlunya turun langsung dan mencoba usaha menggunakan digital dengan teknik masing masing yang penting kontrobusi dan perbaiki kualitas nanti pelanggan akan percaya sama kita selaku seller. Inilah Apa itu Usaha Digital dan Pengertian dan Jenis, manfaat, serta Kekurangan dan Kelebihannya 

Apa itu Usaha Digital dan Pengertian dan Jenis, manfaat, serta Kekurangan dan Kelebihannya

Pengertian digital business

Sesuai namanya, bisnis digital atau digital business adalah penggunaan teknologi digital dalam upaya mengembangkan sebuah usaha, mulai dari model bisnisnya hingga pengalaman pelanggan. Dapat dipahami, digital business adalah bisnis yang telah menggunakan teknologi untuk menciptakan produk atau jasa, dan memasarkannya secara online melalui media digital, terutama internet.

Namun sebagai catatan, bisnis digital tidak hanya terbatas pada penjualan produk, tetapi juga dalam hal jasa. Pada intinya, selama bisnis tersebut menggunakan alat-alat teknologi, maka dapat dikategorikan sebagai digital business.

Pentingnya digital business

Sampai di sini, mungkin Sobat OCBC NISP bertanya-tanya, apa pentingnya membawa bisnis ke media digital?

Menurut IT Pro, sebanyak 8 dari 10 perusahaan di seluruh dunia beralih ke platform digital pada tahun 2020 lalu. Pasalnya, digital business adalah solusi praktis untuk menyelesaikan perencanaan bisnis yang telah disusun dalam jangka 2 hingga 5 tahun lamanya. Apalagi dilihat dari pandemi COVID-19 sebelumnya, dapat diketahui bahwa bisnis yang telah beralih ke model digital terbukti mampu bertahan di tengah kondisi sulit.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya melakukan digitalisasi untuk berbagai jenis sektor, termasuk dalam bisnis konvensional. Oleh karena itu, Sobat OCBC NISP harus jeli dalam melihat peluang membuat layanan digital sehingga konsumen pun lebih tertarik.

Lebih lanjut, pandemi COVID-19 juga menjadi bukti bahwa membawa bisnis ke dunia digital bukan lagi menjadi pilihan, melainkan sebuah keharusan.

Jenis digital business


Hingga kini, masih banyak yang memahami bahwa digital business adalah usaha yang bergerak secara online saja. Padahal sebetulnya, ada banyak jenis bisnis digital. Bahkan menurut More Than Digital, setidaknya terdapat 11 jenis digital business.

Adapun beberapa jenis bisnis digital yang paling banyak ditemukan di Indonesia antara lain, yaitu:

1. E-Commerce
E-commerce adalah jenis bisnis digital yang lebih fokus pada penjualan produk yang dibuat oleh perusahaan itu sendiri.

Sebagai contoh, perusahaan tas yang membuat website agar pembeli bisa langsung memesan produk mereka di situs tersebut.

2. Marketplace
Marketplace adalah suatu platform online yang menyediakan tempat bagi para penjual untuk berjualan dan konsumen untuk membeli produk secara aman serta nyaman. Adapun contoh dari marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Lazada.

3. Ad-supported
Ad-supported atau Ad-based adalah jenis bisnis digital yang umumnya beroperasi di media sosial, seperti Facebook, WhatsApp, atau Instagram. Mudahnya, sebuah perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari setiap promosi, iklan, atau sponsor yang masuk ke layanan mereka.

Di Indonesia, contoh bisnis yang bergerak dengan cara ad-supported atau ad-based ini umumnya adalah perusahaan aplikasi berbagi video singkat dan aplikasi berita.

4. Subscription
Jenis bisnis digital lainnya adalah subscription, yang biasanya bergerak dalam bidang konten digital, seperti Netflix, Spotify, Zoom, dan Disney+.

Mirip seperti zaman dulu, Sobat OCBC NISP tentu harus berlangganan majalah atau koran untuk menikmati konten yang dikirim mereka setiap minggu atau setiap bulan. Namun, pada model subscription ini, konten tersebut bersifat digital dan bisa dinikmati secara online tanpa harus membawa produk fisiknya.

Contoh Bisnis Digital

Jika tertarik menggelutinya, beberapa contoh bisnis digital adalah sebagai berikut:

  • Konsultan digital marketing
  • Jasa pembuatan website
  • YouTuber
  • Content Writer
  • Jasa desain grafis

Manfaat digital business

Di balik pesatnya perkembangan bisnis digital, tentu ada sejumlah faktor yang melatarbelakanginya.
Yap, digital business adalah metode yang kian digemari karena terbukti mendatangkan segudang manfaat. Setidaknya, beberapa manfaat digital business adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Keuntungan

Penerapan strategi bisnis digital yang tepat dapat meningkatkan keuntungan perusahaan melalui terbukanya lebih banyak akses untuk penjualan dan pengembangan pasar. Hal ini berlaku bagi bisnis rintisan maupun perusahaan yang sudah lama melakukan digitalisasi pada setiap aspeknya.

2. Mempermudah Proses Analisis Data

Transformasi digital terbukti dapat memudahkan proses pengumpulan dan analisis data yang dibutuhkan pebisnis untuk pengembangan usaha, di mana informasi tersebut tentu akurat karena sudah sesuai dengan kebiasaan online konsumen.

3. Mendukung Pengalaman Konsumen yang Lebih Baik

Kemajuan teknologi dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan pengalaman konsumen dengan memudahkan interaksi dan menyediakan layanan yang tepat sasaran. Alhasil, konsumen pun akan merasa lebih puas sehingga penilaian mereka terhadap perusahaan juga akan meningkat.

4. Menciptakan Digitalisasi Produk dan Layanan

Digitalisasi produk dan layanan penting untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan hal instan dan mudah diakses. Masih menyambung dari poin sebelumnya, hal ini tentu juga dapat meningkatkan pengalaman konsumen yang lebih baik.

5. Meningkatkan Kinerja Pegawai

Penggunaan teknologi digital dalam operasional perusahaan dapat mendukung pegawai untuk memberikan hasil kerja yang lebih baik sesuai harapan. Jadi, bukan hanya perusahaan saja yang akan diuntungkan dengan bisnis digital, melainkan juga karyawan.

Di era digital seperti sekarang semua proses penjualan memang lebih banyak berlangsung secara online, termasuk proses pemasaran atau yang biasa dikenal dengan istilah digital marketing. Yuk, cari tahu manfaat digital marketing di bawah ini.

Digital marketing adalah upaya pemasaran produk dan memberikan pengalaman berkesan kepada calon pelanggan, melalui media digital dan internet. Seperti media sosial, dan iklan berbasis website. Digital marketing umumnya juga memadukan pengetahuan psikologi pasar dan teknologi. Beberapa contoh digital marketing adalah social media marketing, email marketing, dan search engine marketing.

Ragam manfaat digital marketing untuk perkembangan bisnis

Beberapa manfaat digital marketing yang saat ini mulai banyak dilirik oleh para pengusaha, yaitu:

1. Meningkatkan penjualan secara cepat

Fungsi utama digital marketing adalah meningkatkan penjualan secara cepat. Karena pelanggan bisa mengetahui informasi suatu produk hanya melalui internet, sehingga pelanggan bisa mendapatkan informasi seputar produk tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

2. Mengenalkan produk dengan lebih baik

Digital marketing memudahkan kamu untuk bisa mengenalkan produk dengan lebih baik dan efektif. Terlebih jika produk yang kamu jual adalah produk baru yang belum pernah ada sebelumnya.

3. Lebih tepat sasaran mengenai target pasar

Salah satu manfaat digital yang sayang banget untuk dilewatkan adalah kamu bisa langsung mengenai target pasar. Misalnya saja jika kamu menggunakan Instagram ads, kamu bisa menuliskan target usia dan jenis kelamin konsumen yang akan melihat produk.

4. Bisa mendapatkan pelanggan setia

Kadang saat menjual suatu produk yang kamu butuhkan tidak hanya pelanggan yang banyak, tapi juga pelanggan setia. Karena sebenarnya pelanggan setialah yang bisa membuatmu produk yang kamu jual selalu laku dan bertahan lama di pasaran.

Untuk mendapatkan pelanggan setia kamu bisa menggunakan digital marketing, caranya dengan terus menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Misalnya setelah pengguna membeli produk, kamu bisa bertanya mengenai reviu produk dan apakah pelanggan puas dengan produk yang dibeli. Komunikasi seperti inilah yang harus kamu terapkan, terlebih jika bisnis yang kamu buat masih tergolong baru.

5. Bisnis terlihat lebih profesional

Di era digital seperti sekarang banyak konsumen yang merasa jika suatu bisnis belum memiliki website atau media sosial sendiri, maka bisnis tersebut belum profesional. Oleh karena itu, penting untuk kamu menerapkan salah satu bentuk digital marketing, yaitu social media marketing. Walaupun mungkin bisnis yang kamu jalankan masih tergolong baru.

6. Bisnis lebih berkembang

Tidak bisa dipungkiri di era digital seperti sekarang ada begitu banyak bisnis yang bisa berkembang dengan pesat setelah melakukan branding di media sosial. Bahkan banyak pengusaha sukses yang tidak menggunakan pemasaran secara offline sama sekali dan hanya mengandalkan media sosial atau e-commerce.

7. Memiliki kemudahan dalam melihat peluang bisnis

Melakukan pemasaran di media sosial atau e-commerce memungkinkanmu untuk bisa memperhatikan minat dan kebutuhan konsumen. Setelah itu kamu bisa mencoba untuk menciptakan memenuhi kebutuhan dan minat konsumen tersebut.

Kelebihan digital arketing dibandingkan cara penjualan lain

Beberapa kelebihan digital marketing dalam bisnis yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Jangkauan pasar lebih luas

Saat menerapkan digital marketing di internet, berarti kamu bisa dengan mudah menjangkau pasar yang lebih luas. Bahkan jangkauan pasar kamu tidak hanya terbatas pada pelanggan di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

2. Murah

Salah satu kelebihan digital marketing adalah anggaran yang kamu gunakan untuk pemasaran bisa jauh lebih murah dan bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia. Bahkan menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report anggaran pemasaran melalui digital marketing bisa di hemat hingga 40%.

3. Hemat waktu dan tenaga

Tidak bisa dipungkiri memang, kadang salah satu tantangan terbesar dalam pemasaran adalah banyaknya waktu dan tenaga yang terbuang. Namun, dengan digital marketing kamu bisa lebih hemat waktu dan tenaga.

4. Evaluasi bisa dilakukan dengan mudah

Digital marketing bermanfaat untuk membantu proses evaluasi agar lebih mudah. Misalnya dengan melihat berapa orang yang melihat iklan dan berapa hasil penjualannya.

Setelah mengetahui manfaat digital marketing, kamu ingin segera mempraktikannya? Sabar, sebelumnya yuk ikuti pelatihan digital marketing dulu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url